Profil Profil Ma’had Saad bin Abi Waqqash Palembang

Ma’had Saad bin Abi Waqqash Palembang adalah Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam yang didirikan atas program kerjasama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF). AMCF telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 1992 sebagai organisasi sosial, nirlaba, dan nonpolitik, yang resmi dibentuk pada tahun 2002 dengan nama Yayasan Muslim Asia atau Muassasah Muslimy Asia Al Khairiyah.

Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan bertujuan menghasilkan sarjana muslim yang berkompeten dalam ilmu islam, terampil menerjemahkan, dan berkomunikasi dalam Bahasa Arab, ahli dalam menyebarkan nilai-nilai keislaman dan Bahasa Arab, serta mampu menjawab masalah keagamaan kontemporer yang berkembang di tengah masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan menciptakan sebuah lingkungan pendidikan yang tepat dan kondusif bagi para mahasiswa guna percepatan penguasaan Bahasa Arab dan ilmu islam dengan menyediakan sarana pendukung seperti perpustakaan, pustaka digital, asrama mahasiswa, dan laboratorium bahasa / audiovisual.

TENAGA EDUKATIF

Tenaga edukatif  Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan adalah alumnus perguruan tinggi terkemuka di Timur Tengah seperti Madinah, Sudan, Siria, LIPIA Jakarta, dan lain-lain.

 PROGRAM EKSTRAKURIKULER

Untuk pengembangan keterampilan Bahasa Arab dan aktualisasi peran dakwah, Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah Medan menyelenggarakan:

  • Program Dakwah Ramadhan, yaitu pengutusan mahasiswa ke desa-desa selama 20 hari di Bulan Ramadhan untuk pembinaan keagamaan kemasyarakatan.
  • Ifthar Ramadhan, yaitu pendistribusian kurma dan makanan buka puasa ke masjid-masjid pada Bulan Ramadhan.
  • Pelatihan khotbah / pidato, pelatihan dai, lomba karya tulis Bahasa Arab, organisasi kemahasiswaan, munaqasyah ilmiyah, dan lain-lain.
  • Program Udhiyah, yaitu pendistribusian hewan kurban ke desa-desa di Indonesia.

PROGRAM DAKWAH AMCF

Sebagai wujud kepedulian kemasyarakatan, AMCF menyelenggarakan Program Dakwah bagi para lulusan terbaik ma’had, yaitu Pelatihan Dai selama 3 bulan, dan pengutusan para dai tersebut ke desa-desa terpencil di seluruh pelosok nusantara.

Kegiatan dakwah para dai tersebut adalah memakmurkan masjid, mengajar baca tulis Al-Quran, melaksanakan kajian tauhid, fiqh, dan lain-lain.

Para lulusan yang berpartisipasi dalam program ini mendapat fasilitas sarana dan prasarana penuh dari AMCF selama masa pengabdian 1 tahun.

 PROSPEK LULUSAN

  • Menjadi Dai Profesional AMCF yang diutus ke daerah pedalaman nusantara.
  • Melanjutkan pendidikan Strata 1 (S-1) di seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan beberapa PTAIS tertentu.
  • Memperoleh kesempatan beasiswa kuliah di Program Studi Al Ahwal As Syakhsiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, Perguruan Tinggi Filial Universitas Imam Muhammad bin Saud Riyadh, Arab Saudi.
  • Menjadi tenaga pengajar Bahasa Arab dan Ilmu Keislaman di pondok pesantren atau sekolah menengah.

PROGRAM PERKULIAHAN

Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam diselenggarakan dalam 2 program:

  1. Program Persiapan Bahasa (I’dad Lughowy) 2 tahun terdiri atas 4 semester sesuai dengan Placement Test.
  2.  Program Penyempurnaan Bahasa (Takmily) 1 tahun terdiri atas 2 semester.

Placement Test diselenggarakan bagi mahasiswa baru untuk mengukur level kemampuan Bahasa Arab dan pengetahuan dasar keislaman. Hasilnya akan menjadi dasar penentuan semester / level mahasiswa baru.

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • Fotokopi  Identitas  Diri   (KTP/SIM/PASPOR)
  • Fotokopi  Ijazah  Terakhir  (SMU/MA)
  • Pas  Foto  Warna  2×3  dan  4×6  @ 2 lembar
  • Mengi si Formulir  Pendaftaran
  • Rekomendasi  dari  Sekolah,  Organisasi/Yayasan

Perkuliahan  dibuka  bagi  putri  pada  sesi  pagi  dan  putra  pada  sesi  sore.  Aktifitas  perkuliahan  berlangsung  secara  intensif 5 jam  perhari  mulai  hari  Senin  s/d  Jumat.

 Ma’had  adalah  lingkungan  pendidikan  yang  tepat  dan  kondusif  dalam  percepatan  penguasaan  bahasa  Arab  dan  ilmu  Islam, yang  mengkondisikan  mahasiswa  dalam  suasana  pembelajaran  berorientasi  penciptaan  ulama  yang  berkompeten memecahkan  masalah  keagamaan  kontemporer  di tengah masyarakat.

 KURIKULUM

Kurikulum disusun berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah sebagaimana diterapkan di Universitas Islam Madinah dan Universitas Al-Imam Muhammad Bin Suud Riyadh Saudi Arabia yang berorientasi pada 4 keterampilan dasar berbahasa arab, yaitu Maharatul Istima’, Maharatul Kalam, Maharatul Qira’ah, dan Maharatul Kitabah.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s